Dieng Plateu, Wisata Alam yang Menakjubkan

5 Nov 2013

pintu masuk museum dieng kailasa

Dataran Tinggi Dieng merupakan daerah yang terdapat diantara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Tingkat elevasi daerah ini sekitar 2093 meter Diatas Permukaan Air Laut (DPAL). Tak heran jika di daerah ini sangat dingin. Secara geologis, daerah ini dulu merupakan gunungapi yang meletus pada jaman tersier. Kini sudah menjadi dataran yang mana sudah banyak permukiman penduduk. Meski eksistensi daerah ini cukup berbahaya, karena masih terdapat adanya gas beracun dari bekas gunungapi tersebut.

Tanah di daerah dieng relatif subur, karena merupakan tanah vulkanik. Banyak lahan dimanfaatkan untuk tanaman kentang, dan sayur-sayuran. Lahan di daerah ini umumnya mempunyai kemiringan lereng yang curam, sehingga lahan pertanian dibuat terasering. Bahayanya, jika musim perghujan tiba, aktivitas tanah longsor sering terjadi dan banyak lahan pertanian yang rusak.

Telaga Warna

Setelah sebelumnya saya share tentang Pantai Pasir Putih Prigi Trenggalek Jawa Timur. Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Dieng Plateu, Wisata Alam yang Menakjubkan. Berikut adalah uraiannya.

Tempat Wisata

Selain hal-hal yang telah disebutkan diatas, ternyata Dieng Plateu ada banyak sekali tempat-tempat wisatanya lho. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Tak heran jika setiap minggunya, tempat ini selalu dibanjiri oleh pengunjung. Terlebih lagi jika musim liburan sekolah tiba, pasti pengunjung dari berbagai daerah singgah di tempat ini. Tempat wisata di Dieng Plateu antara lain adalah Telaga warna, Museum Kailasa Dieng, Candi, Kawah Sikidang dan masih banyak lagi. Saya lupa nama-namanya hehe :D

Museum Kailasa Dieng

Retribusi

Masing-masing tempat wisata mempunyai harga tiket masuk yang tidak sama. Yakni antara Rp 7.000 rupiah hingga Rp 15.000 rupiah. Pokoknya murah meriah dech hehe :) Selain itu, biaya parkir juga tidak terlalu mahal kok. Sehingga anda tidak perlu khawatir ;)

Fasilitas

Di dataran tinggi dieng, selain ada berbagai tempat wisata, juga ada penginapan lho. Nah, jika anda datang dari tempat jauh, misalnya dari Jakarta atau Surabaya, anda bisa menginap di penginapan. Anda bisa memilih penginapan yang fasilitasnya lengkap atau yang biasa-biasa saja. Selain itu, di daerah juga ada berbagai warung kuliner lho. Anda tidak perlu khawatir untuk jajan dan mencicipi masakan khas daerah dieng ini.

Rute Perjalanan

Untuk menuju ke Dataran Tinggi Dieng, anda bisa lewat Kota Magelang apabila anda dari Semarang atau dari Yogyakarta. Jika anda sudah sampai di Magelang, anda belok ke barat, maka anda akan melewati Kabupaten Temanggung, dan Wonosobo. Nah, apabila sudah sampai di Wonsobo, anda bisa mengambil jalur ke Dieng. Tapi anda perlu hati-hati lho soalnya jalannya naik tinggi banget :)

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Dieng Plateu, Wisata Alam yang Menakjubkan. Semoga dapat bermanfaat untuk anda sekalian. Jangan lupa baca juga posting menarik lainnya di Web Unik tentang Wisata Pantai Baron Gunungkidul Yogyakarta. Thanks ya atas perhatiannya. Salam unik ;)

Sumber foto: http://cara-ririn.com/


TAGS Dieng Plateu Dataran Tinggi Dieng Wisata Alam Menakjubkan


-

Author

Follow Me