Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Baik dan Benar

5 Nov 2013

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Baik dan Benar

Adalah pilihan yang cukup sulit bila kita baru lulus dari Sekolah Menengah Atas, baik SMA ataupun SMK. Kita bingung ingin melanjutkan kuliah dimana dan memilih jurusan / program studi apa. Setidaknya dua hal itulah merupakan pengalaman penulis sekitar tahun 2006 silam. Banyak teman-teman satu angkatan SMA saya yang kini sudah sukses baik saat kuliah ataupun setelah lulus kuliah. Namun, tidak sedikit juga yang gagal. Ada apa gerangan?

Ternyata setelah diamati lebih mendalam, gagalan tersebut banyak dipicu dari kesalahan dalam memilih program studi di perguruan tinggi. Mereka umumnya (yang gagal) keliru dalam menentukan jurusan. Sebagai konsekuensinya, mempunyai masa depan yang suram. Kira-kira yang rugi siapa coba? :)

Dari situlah saya menjadi tertarik untuk menjelaskan Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Baik dan Benar sebagai panduan praktis untuk adek-adek SMA agar dalam memilih program studi tidak keliru. Oh iya, jangan sampai lupa baca juga artikel saya terdahulu ya yang berjudul Tips Menulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca. Berikut adalah point-point penting yang harus anda pertimbangkan dalam memilih jurusan di kampus.

Pilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat anda

Penting untuk diperhatikan bahwa jurusan yang anda pilih hendaknya sesuai dengan bakat dan minat anda. Dengan begitu anda bisa meningkatkan kompetensi di bidang yang anda tekuni. Misalnya anda tidak suka palajaran hitung-menghitung. Sebaiknya anda memilih jurusan ilmu sosial. Begitu juga sebaliknya.

Pikirkan beban biaya pendidikan

Setiap program studi mempunyai biaya kuliah yang tidak sama. Begitu juga antara kampus yang satu dengan yang lain, pasti biaya pendidikan berbeda. Anda harus mempertimbangkan biaya pendidikan. Tujuannya agar keberlangsungan studi anda (selama kurang lebih 8 semester) bisa terjamin. Untuk itu, silahkan konsultasikan kepada kedua orang tua anda.

Pilih jurusan yang mempunyai prospek yang cerah

Jurusan favorit belum tentu mempunyai masa depan cerah. Begitu juga dengan jurusan yang tidak favorit. Nah, disini anda perlu selektif dalam memilih jurusan. Anda perlu melakukan observasi yang mendalam. Kira-kira jurusan ini bagaimana ke depannya? dan kerjanya seperti apa? Itu perlu anda pikirkan masak-masak.

Pilih jurusan yang tingkat persaingannya sedikit

Biasanya kampus favorit dan jurusan favorit mempunyai tingkat kompetisi yang tinggi. Apabila anda bukan siswa yang cerdas dan jenius, jangan sekali-kali memilih jurusan dan kampus favorit, karena bisa dipastikan anda tidak akan lolos seleksi masuk di perguruan tinggi. Untuk itu, anda perlu mengetahui record data dari masing-masing kampus pada seleksi masuk mahasiswa tahun sebelumnya. Dengan begitu, anda akan tahu seberapa besar tingkat persaingannya.

Demikian tips sederhana yang bisa saya share untuk anda sekalian tentang Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Baik dan Benar. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Web Unik tentang Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Mudah. Thanks ya atas atensinya.

Sumber Gambar: http://cara-ririn.com/


TAGS Tips Memilih Jurusan Kuliah Cara Memilih Program Studi Perguruan Tinggi Baik dan Benar


-

Author

Follow Me