Cara Menulis Artikel Standar SEO Friendly

9 Nov 2013

Cara Menulis Artikel Standar SEO Friendly

Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Tips Menulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca. Tips tersebut dimaksudkan agar tulisan kita bisa memikat para pembaca dan juga agar mudah dipahami. Nah, dalam kesempatan kali ini saya akan share Cara Membuat Artikel Standar SEO Friendly. Tips ini penting untuk diperhatikan apabila kita ingin membuat posting di blog. Tujuannya adalah agar artikel yang sudah kita buat dengan susah payah bisa terindeks search engine dan juga bisa muncul di google dan di halaman pertama hasil penelusuran search engine baik Google, Yahoo!, dan Bing, sehingga hal itu bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Ini penting untuk dilakukan bagi webmaster (pengelola blog). Pasalnya, percuma kita menulis artikel panjang dan lebar serta sangat berkualitas, tapi tidak SEO Frinedly. Sehingga tulisan kita jarang yang membacanya. Anda pasti sangat senang kan kalau tulisan di blog anda laris manis? Saya pun berharap demikian hehe :D

Nah, saat anda menulis posting di blog, jangan tergesa-gesa untuk segera menerbitkannya. Namun, anda perlu melakukan optimasi pada artikel anda. Berikut saya jelaskan Cara Menulis Artikel Standar SEO Friendly. Silahkan anda simak baik-baik ya. Jangan melamun lho ;)

1. Tentukan Judul Artikel

Judul artikel hendaknya mengandung kata kunci / keyword. Kata kunci ini biasanya digunakan oleh internet user untuk mencari informasi dengan meminta bantuan search engine. Contoh kata kunci: Cara Cepat Hamil. Kata kunci tersebut selain merupakan judul artikel, juga kyword dalam artikel anda. Panjang judul sebaiknya terdiri dari 3-5 kata saja. Kalau lebih dari 5 kata, maka akan berkurang kerapatan kata kuncinya. Kecuali jika blog anda umurnya masih baru, sebaiknya gunakan kata kunci yang panjang.

2. Buatlah Artikel yang Teroptimasi

Disini ada 3 komponen yang perlu anda perhatikan, yakni penggunaan bahasa, jumlah kata kunci, dan juga jumlah tulisan artikel. Penggunaan bahasa hendaknya menggunakan bahasa baku. Kalau anda menggunakan Bahasa Indonesia dalam artikel anda, sebaiknya sesuai dengan Standar Bahasa Indonesia dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Begitu juga dengan Bahasa Inggris, Perancis, Jepang, dan lain sebaginya.

Jumlah kata kunci yang terdapat dalam artikel hendaknya tidak lebih dari 3 buah. Anda bisa meletakkan keyword tersebut di awal artikel, tengah artikel, dan di akhir artikel. Jangan lupa untuk membedakan bentuk huruf. Yakni dengan cara menebalkan huruf (bold) atau memiringkan huruf (italic) yang menjadi target kata kunci.

Adapaun jumlah tulisan atau panjang tulisan artikel hendaknya lebih dari 300 kata. Atau idealnya adalah 400-500 kata. Kalau jumlah tulisan terlalu banyak, dikhawatirkan artikel anda tidak SEO Friendly.

3. Pasang Alt Tag pada Gambar

Setiap anda membuat artikel, pasti selalu dilengkapi dengan gambar. Karena artikel tanpa gambar akan sangat membosankan bagi pembacanya. Seperti ungkapan makan sayur tanpa garam hehe :D Nah, gambar yang anda masukkan ke dalam posting tersebut, sebaiknya dipasang Alt Tag. Apa itu Alt Tag? Adalah deskripsi atau judul/nama/title gambar tersebut. Di Blogspot dan WordPress mempunyai cara yang berbeda untuk memasang Alt Tag pada Gambar.

4. Pasang Meta Deskripsi / Tag

Meta deskripsi/deskripsi penelusuran berfungsi untuk memberikan kemudahan search engine untuk menelusuri dan membaca artikel anda. Hendaknya selalu anda pasang meta deskripsi pada artikel yang anda buat. Panjang tulisan meta deksripsi ini idealnya sebanyak 150 karakter. Nah, kalau di Blogspot, anda bisa memasang nya di deskripsi penelusuran yang ada di menu Entri Baru. Kalau di WordPress, anda hanya perlu memasang Tag.

5. Gunakan Label / Kategori

Label atau kategori berguna untuk mengelompokkan artikel sesuai dengan topik artikel. Nah, apabila anda membuat artikel, jangan sampai lupa untuk memberi label artikel. Tujuannya apa? Supaya bisa membantu search engine dalam mengindeks dan menelusuri postingan anda. Satu artikel idealnya terdiri dari satu label saja.

6. Perhatikan Url pada Artikel

Url artikel atau posting hendaknya dibuat tidak terlalu panjang. Karena akan mempersulit search engine dalam mengindeks posting anda. Kalau url artikelnya pendek maka kerapatan keyword nya juga baik.

Demikain trik sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Menulis Artikel Standar SEO Friendly. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Web Unik tentang Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Baik dan Benar. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya.


TAGS Cara Membuat Artikel Standar SEO Friendly Tips Menulis Artikel


-

Author

Follow Me